Laman

Senin, 19 Maret 2012

pengertian profesiona,profesionalitas,profesionalisme,profesi dan profesionalisasi


1.      yang terkait dalam profesi yaitu :                 professional,profesionalitas,profesionalisasi,profesionalisme dan profesi itu sendiri.jelaskan contoh dari maksud kelima istilah tersebut !

a)      Profesional
           dalam kamus “theadvanced learner’s dictionary of current English,yang di tulis A.S homboy dkk.di nyatakan bahwa”profession is accuption ,esp.one requining advanced educational and special training”artinya jabatan yang memerlukan suatu pendidikan tinggi dan latihan secara khusus.suatu jabatan akan menentukan aktifitas-aktifitas sebagai pelaksana tugas .berarti bukan jabatannya yang menjabat predikat professional tetapi keahliannya dalam melaksanakan pekerjaan .
Sumber : (Horn dkk., 1973. The advanced Learner’s Dictionary of Current English,Great Britain: oxford University. hal. 733.)
contohnya :
menjadi professional berarti menjadi ahli di dalam bidangnya .dan seorang guru yang ahli tentunya berkualitas dalam melaksanakan pekerjaannya.akan tetapi tidak semua ahli dapat menjadi berkualitas.karena menjadi berkualitas bukan hanya persoalan ahli,tetapi juga menyangkut persoalan integritas dan personality .yang di padupandan dengan skill atau keahliannya.

b)     Profesionalitas
            adalah suatu sebutan terhadap kualitas sikap paraanggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dankeahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya.
Sumber:
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2190321-pengertian-profesionalitas-guru/#ixzz1pTU8XYuz
contohnya:.
           Agar tercapainya kepuasan tersendiri dalam menjalankan profesi yang dijalankannya. Seorang pendidik yang mampu dan paham terhadap tugasnya menjadi seorang pengajar, mendidik serta mampu menjaga anak didiknya hingga anak didiknya menjadi anak yang berguna dimata masyarakat berarti telah sungguh-sungguh menguasai pekerjaannya sebagai pendidik. Dengandemikian, sebutan profesionalitas lebih menggambarkan suatu “keadaan”derajat keprofesian seseorang dilihat dari sikap, pengetahuan, dan keahlianyang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya. Dalam hal ini guru diharapkanmemiliki profesionalitas keguruan yang memadai sehingga mampumelaksanakantugasnya secara efektif.
c)      Profesionalisasi
           Yaitu upaya meningkatkan profesionalisme guru agar menjadi guru yang profesional
contohnya :
           guru yang bersertifikasi, sebelum mendapatkan sertifikasi biasanya guru terseut banyak mempunyai kegiatan dan pekerjaaan selain pekerjaan x menjadi guru. dimana untuk mendapatkan sertefikasi tersebut memiliki syarat sbb:prestasi kerja,usia,golongan /pangkat,masa kerja dll
d)     Profesionalisme
          Adalah mutu,kualitas dan tindak tanduk yang merupakan cirri suatu profesi atau orang yang professional (Diknas , 2001: 897). Dan guruadalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar(Diknas , 2001: 377)
contohnya :
             meningkatkan dan memelihara citra profesinya, keinginan yang senantiasa untuk mengejar kesempatan pengembangan professional yang dapat meningkatkan dan memprbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya, mampu mengejar kualitas dan cita-cita di dalam profesinya, dan memiliki kebanggaan terhadap profesinya.
e)      Profesi
              profesi itu suatu pekerjaan atau jabatan yang memerlukan suatu persiapan melalui pendidikan dan pelatihan khusus.biasanya sebutan “profesi”selalu di kaitkan denganpekerjaan atau jabatan yang di pegang oleh seseorang,tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karna profesi menuntut keahlian seseorang.
contohya :
Ø  profesi di bidang hukum di mana profesi ini bertugas membantu klien dalam persidangan
Ø  profesi militer dimana berugas membantu masyarakat banyak
Ø  profesi kedokteran dimana dituntut untuk membantu pasiennya dari segala penyakit
Ø  profesi desainer diman atugasnya sellu mengembangkan tren-tren busan sehingga busan tersebut menjadi trendsetter.
            Sehingga dari keterangan di atas dapat di jelaskan bahwa semua pekerjaan itu berhubungan dengan masyarakat.
Sumber: Wikipedia.com


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar